Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Bangunan Baru Ditemukan saat Ekskavasi Situs di Tol Pandaan-Malang

Kompas.com - 14/03/2019, 16:54 WIB
Andi Hartik,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Struktur bangunan baru ditemukan dalam proses ekskavasi atau penggalian di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37, Kamis (14/3/2019).

Struktur bangunan itu berada pada jarak tiga meter arah barat dari struktur bangunan yang ditemukan awal.

Bentuk struktur itu sama. Yakni berupa susunan batu bata. Petugas terus menggali lokasi itu untuk menemukan sambungan dua struktur bangunan yang ditemukan itu.

"Kita menemukan tatanan bata yang ada di sebelah barat temuan pertama. Sekarang permukaan masih berupa puing-puing bata, kita akan coba cari tatanan bata itu sampai membentuk bangunan," kata Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BCPB) Jawa Timur.

Struktur bangunan baru itu terdiri dari empat lapis bata. Diperkirakan, struktur bangunan yang baru ditemukan merupakan bagian dari struktur bangunan yang ditemukan awal.

Baca juga: Warga Ingin Temuan Situs Purbakala di Tol Pandaan-Malang Jadi Tempat Wisata

 

Sedangkan struktur bangunan yang ditemukan awal terdiri dari 18 susunan batu bata dengan tinggi sekitar dua meter dari permukaan tanah.

Meski ada struktur baru yang ditemukan, pihak BPCB belum memastikan periodesasi bangunan purbakala itu. Dibutuhkan data penunjang lainnya untuk menentukan periodisasi situs tersebut.

"Sampai sekarang kita belum menemukan artefak penyerta untuk memastikan periodisasinya," jelasnya.

Arkeolog dari Universitas Negeri Malang yang juga Ketua Ikatan Ahli Arkeolog Indonesia (IAAI) Jawa Timur, Ismail Lutfi juga belum memastikan bentuk dan periodisasi struktur bangunan yang ditemukan. Lutfi mengatakan, pihaknya masih terus mencari bentuk asli bangunan tersebut.

"Ini (struktur) sudah menyudut. Kalau terbukti menyudut lagi, kita ikuti lagi. Sampai menemui bentuknya," katanya.

Baca juga: Situs Purbakala di Lokasi Proyek Tol Pandaan-Malang Mulai Digali

Sementara itu, bagian atas struktur itu sudah hancur. Kalau atasnya memang hancur. Tapi biasanya yang bawahnya yang masih utuh," katanya.

Sebelumnya, ditemukan struktur bangunan di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Struktur itu ditemukan akibat terkeruk alat berat yang mengerjakan proyek tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com