Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukang Ojek di Kota Batu Positif Covid-19, Alami Sesak Napas dan Kaki Bengkak Membiru

Kompas.com - 21/05/2020, 16:02 WIB
Andi Hartik,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Seorang tukang ojek di Pasar Batu, Kota Batu, dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona baru atau Covid-19 pada Rabu (20/5/2020).

Tukang ojek berusia 53 tahun itu menjadi pasien 08 Covid-19 di Kota Batu.

“Pasien konfirmasi 8 jenis kelamin laki-laki, usia 53 tahun pekerjaan tukang ojek Pasar Batu,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, M Chori melalui pesan tertulis, Rabu (20/5/2020) malam.

Baca juga: Pulang Rawat Kakak dari Kota Batu, Perempuan 55 Tahun Positif Covid-19

Pria yang merupakan warga Kelurahan Sisir itu mengalami batuk dan pilek pada 10 Mei 2020. Tukang ojek itu memeriksa diri ke Rumah Sakit Karsa Husada Kota Batu pada keesokan harinya.

“Masuk RS Karsa Husada dengan keluhan batuk dan gejala sesak napas disertai kaki bengkak membiru,” katanya.

Pasien itu lalu dirujuk ke Rumah Sakit Lavalette Kota Malang pada 13 Mei 2020. Pasien itu menjalani rapid test virus corona baru atau Covid-19 dan dinyatakan reaktif.

Mendapati hal itu, tim medis mengambil sampel cairan tenggorokan pasien tersebut untuk diperiksa menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR).

Sampel dikirimkan ke laboratorium di Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB). Pasien itu pun dikonfirmasi mengidap Covid-19.

“Hasil PCR keluar hari ini (Rabu) dan dinyatakan positif Covid-19,” ungkapnya.

Sebelum hasil tes PCR keluar, pasien itu telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang pada 17 Mei 2020. Pasien itu didiagnosa pneumonia.

Chori mengatakan, pasien itu memiliki riwayat perjalanan ke Batu dan Malang. Pemkot Batu akan melacak riwayat perjalanan dan kontak pasien tersebut.

Baca juga: Ratusan Pengendara Luar Daerah Ditolak Masuk Malang karena Tak Bawa Surat Tugas

“Langkah yang ditempuh melakukan tracing dengan prioritas pihak keluarga yang memiliki kontak erat dengan pasien untuk dilakukan rapid test,” katanya.

Sebanyak delapan kasus positif Covid-19 tercatat di Kota Batu hingga Rabu (20/5/2020). Rinciannya, lima pasien dirawat, dua sembuh, dan satu meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com