Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

48 Pengungsi Gempa Majene Dipulangkan ke Asalnya di Jawa Timur

Kompas.com - 21/01/2021, 18:54 WIB
Andi Hartik,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 48 orang yang terdiri dari 14 keluarga pengungsi gempa Majene, Sulawesi Barat asal Jawa Timur, dipulangkan, Kamis (21/1/2021).

Mereka dipulangkan menggunakan pesawat Hercules 1330 melalui Lanud Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang.

Pesawat itu mengangkut sebanyak 102 orang pengungsi. Sebanyak 54 orang diturunkan di Solo, Jawa Tengah, dan sisanya sebanyak 48 orang yang merupakan warga Jawa Timur turun di Lanud Abdulrachman Saleh.

"Karena di sana ada musibah gempa, maka untuk keamanan mereka kembali ke Jawa Timur, ke daerahnya masing-masing ini sejumlah 48 orang, terdiri dari 14 kepala keluarga," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Alwi.

Baca juga: Berisiko Tinggi, Pencarian 3 Korban Gempa Majene yang Tertimbun Longsor Dihentikan

Warga Jawa Timur yang dipulangkan itu berasal dari Lamongan, Tuban, Gresik dan Lumajang. Alwi mengaku sudah menyiapkan kendaraan untuk mengatar mereka ke daerah asalnya.

"Kami sudah siapkan kendaraan, akan kami antar mereka sampai ke rumah mereka. Tetapi dari daerah yang jumlahnya banyak, seperti Lamongan kami siapkan armada besar karena armada besar tidak mungkin sampai ke rumahnya masing-masing, saya sudah koordinasi dengan Kepala Dinas Sosial Lamongan, bisa diturunkan di sana dan mereka lah yang akan mengantar ke rumah masing-masing dengan armada kecil," ujar dia.

Alwi mengaku, belum mengetahui tentang kondisi tempat tinggal mereka di Sulawesi Barat yang terkena gempa.

"Informasi itu kami tidak tahu, tetapi mereka kan ingin hidup lebih aman mereka menghindarkan diri, menjauh dari musibah yang sedang dialami di sana," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com